Jumat, 21 Februari 2020

5 Pilihan Karier untuk Lulusan Ilmu Politik dengan Gaji Fantastis


5 Pilihan Karier untuk Lulusan Ilmu Politik dengan Gaji Fantastis 

Siapa disini yang suka politik atau kuliahnya ambil jurusan politik? Selamat ini kabar baik buat lentiku. Ilmu politik menjadi salah satu jurusan yang sangat menjanjikan di masa depan dan dapat memberikan banyak sekali pilihan pekerjaan. Apalagi ilmu politik tidak akan pernah bisa dilepaskan dari kondisi suatu negara. Hal inilah yang membuat peluang lulusan ilmu politik akan selalu cerah dan menjanjikan karena akan selalu dibutuhkan orang-orang yang ahli dalam bidang ini.

Jurusan ilmu politik merupakan salah satu jurusan yang berada di rumpun sosial. Biasanya berada di fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. mahasiswa yang memilih belajar di jurusan ini nantinya akan dibentuk pola pikirnya menjadi kritis dan juga analitis. Akan tetapi banyak orang yang beranggapan jika jurusan ini hanya bisa demo dan demo padahal kenyataan tidak seperti itu. Para mahasiswa ilmu politik hanya ingin menyuarakan hak dan juga kepentingan rakyat.

Keberanian dan juga karakter mahasiswa lulusan ilmu politik membuatnya cocok untuk berkarier di pemerintahan, non pemerintah  maupun dunia politik itu sendiri. Namun sebenarnya ada rekomendasi 5 pilihan karier untuk lulusan ilmu politik yang bisa dipilih. kelima pilihan karier tersebut tentunya cukup menjanjikan. Daripada penasaran simak penjelasan di bawah ini. 5 Pilihan Karier untuk Lulusan Ilmu Politik 

1. Anggota DPR



Satu diantara 5 pilihan karier untuk lulusan ilmu politik adalah DPR. Dewan Perwakilan Rakyat merupakan profesi yang banyak diminati oleh masyarakat, baik lulusan ilmu politik atau bukan. Perlu diketahui jika DPR merupakan wakil rakyat di pemerintahan. Namun supaya bisa menduduki kursi DPR terlebih dahulu harus dipilih oleh masyarakat melalui pemilihan umum. Setelah terpilih maka akan menjabat selama 5 tahun.

Tugas dari para anggota DPR sebagai wakil rakyat adalah memiliki hak untuk mengajukan usul rancangan undang-undang, untuk menyalurkan usul dan pendapat serta hak imunitas. Namun yang penting sebenarnya adalah memperjuangkan suara rakyat yang diwakilinya demi memperoleh kesejahteraannya, menampung aspirasinya dan menindaklanjuti aspirasi tersebut.

2. Pengamat Politik 

Memiliki pengetahuan dan pemahaman mumpuni tentang ilmu politik bisa menjadi bekal untuk menjadi seorang pengamat politik. Jika memilih profesi sebagai pengamat politik maka ilmu yang dimiliki akan diaplikasikan secara maksimal. Memiliki profesi sebagai pengamat politik sebenarnya tidak langsung berkaitan dengan instansi pemerintah sehingga bisa memposisikan diri sebagai sosok netral.

Sebagai seorang pengamat politik memang dituntut harus memiliki posisi netral sehingga tidak terkesan tendensius kepada salah satu pihak.  Netralitas tersebut nantinya akan membuat seorang pengamat politik yang memiliki integritas dan bisa memperkirakan peta politik secara akurat. Jadi gimana sudah tertarik menjadi pengamat politik atau belum?.

3. Peneliti Pemerintahan 



5 pilihan karier untuk lulusan ilmu politik selanjutnya adalah menjadi peneliti pemerintahan. Dari namanya saja sudah diketahui jika profesi ini tidak bisa dilepaskan dari keberadaan pemerintah. peneliti pemerintah memiliki tugas untuk melakukan evaluasi serta riset yang berhubungan dengan kebijakan pemerintahan.

Hasil evaluasi dan riset nantinya akan dijadikan suatu laporan dan menjadi dasar penilaian dan pelaksanaan kebijakan selanjutnya. Untuk bisa memiliki profesi sebagai peneliti pemerintahan tidak hanya dituntut harus menekuni ilmu politik saja tetapi juga kebijakan sosial dan publik.

4. Anggota LSM

Apabila tidak suka memiliki profesi yang berkaitan langsung dengan pemerintah maka bisa memilih untuk menjadi anggota LSM. Ketika menjadi anggota LSM ternyata juga bisa membuat perubahan di masyarakat. Sehingga tidak perlu untuk menjadi anggota DPR.

Saat menjadi anggota LSM ada banyak hal yang bisa dilakukan, misalnya membantu meningkatkan kesadaran masyarakat akan isu-isu hak asasi manusia maupun keadilan hukum. Selama ini keberadaan LSM sangat membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat.

5. Dosen Ilmu Politik 


5 pilihan karier untuk lulusan ilmu politik yang terakhir adalah menjadi dosen ilmu politik. Profesi ini sangat cocok bagi seseorang yang memiliki passion di bidang mengajar. Akan tetapi, setelah lulus S1 ilmu politik belum bisa menjadi seorang dosen karena terlebih dahulu harus melanjutkan kuliah ke jenjang S2. Jurusan S2 juga harus linier yaitu tetap pada jurusan ilmu politik.

Itulah informasi mengenai 5 pilihan karier untuk lulusan ilmu politik. Silahkan divisit https://www.cekaja.com/info/deretan-pekerjaan-jurusan-ilmu-politik-dengan-gaji-diatas-rp-3-juta . Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak soal jurusan ilmu politik? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pusing Mix and Match Warna Baju , Cobain pakai Colour Wheel

Siapa di sini yang kalau mau pergi , suka bingung cari baju ? bingung  mix and match warnanya juga ? aku juga sih  Color Wheel Kalau boleh c...