Rabu, 11 November 2020

Mengenal Start Up Lebih Dekat

 



Yuk Kita Coba Mengenal Start Up lebih dekat 

Heisss aku bilang start up pasti aja langsung tertuju Sama Seol Dal Mi , Nam Do San , Kang Han Na, alias Drama korea yang lagi happening. Cerita drama ini memang sangat menarik di beri judul Start Up. Drakor garapan sutradara  Oh Choong Hwan dan penulis naskah nya Park Hye Run   memang relate bangeut dengan dunia Start Up sebenarnya.  

Start up dalam pengertian Wikipedia adalah istilah yang merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan. 

Sesuai dengan cerita drama Korea Start Up, diceritakan ada sebuah event dengan konsep apprentice (yang hebat ,kreatif, dan inovatip yang bertahan ), sistem gugur. Acaranya diperuntukan perusahaan rintisan (Start Up). Singkt cerita Samsan Tech yang berhasil lolos di acara tersebut. Lengkap nua silahkan nonton ya baru episode 7 kalau tidak salah.


Aku coba share sesuatu berdasarkan pengalaman mengenai Start Up yang Aku ketahui. Setelah nonton Drakor Start Up , aku tersadar weh relate sekali nih isi ceritanya . Beberapa fakta dibawah ini hal hal  yang relate dengan real life dalam  cerita Drakor Start Up  :

1. Inilah Startt Up 

Ketika terjun di  bidang Start Up tidak semua lini harus memiliki skill hight tech menurut aku, karena star up sendiri adalah sebuah system company atau perusahan yang mana membutuhkan banya sumber daya manusia. Diperlukan yang ahli dalam pemograman, bidang manajerialnya, marketingnya. Mungkin yang sudah nonton drakor nya , pasti pernah lihat scene Seol Dal Mi dan  partnernya Nam Do San bekerja sama mendirikan  Samsan Tech memiliki tim  yang berbeda bidang . Termasuk Seo Dal Mi beliau bukan anak Information Technology , tapi soft skil dia memimpin atau berpengalaman bekerja bisa mengantarkan dia jadi seorang CEO . Real nya jelas harus yang memang menguasai bidang tersebut , karena kebanyak startup itu bergerak di bidang teknologi jadi otomatis pengetahuan  juga harus mengakomodir. 

2.  Produk Start Up 

Berdasarkan analisa , produk yang di tawarkan perusahaan start up  biasanya sebuah system aplikasi digital yang menjadi solusi. Di scene nya Drakor Start Up yang sudah nonton mungkin bisa lihat , Samsan Tech membuah sebuah technology di peruntukan untuk seseroang yang memiliki gangguan penglihatan ( karena sakit rabun , atau daya penglihatannya sudah menurun ), itu produk nya bisa diunduh gratis, oleh siapapun dan kapanpun. Berarti perlu modal  yang besar untuk beli server yang bisa menampung  banyak data. Makanya samsan tech mencari investor untuk membiayai proyek tersebut . Urusan keuntungan aku masih belum sampai sana , masih kadang bingung untung nya dari mana , nanti kalau udah dapat jawabanya aku share ya.  Kemudian ada juga yang jugal produk yang tidak semua orang bisa unduh , ini mahal bangeut harga nya. Kenapa semua orang tidak bisa unduh , itu karena sistem ini didesain khusus. Contoh aku kerja di bidang start up untuk  kategori Food and Beverage, produk yang kau tawarkan  berupa sistem kasir sederhanya , atau Point Of Sale . Diperusahaan start up tempat aku bekerja tidak bisa diunduh sembarangan .  Harus ada kerja sama tertulis setalah deal dan menjadi langganan ( subcription ) kemudian pihak kami yang akan menginstall. Ini berbayar , hanya bayar biaya langganan saja setiap bulan sesuai kesepakatan. 

3. Progammer 

Nanti nya akan familiar dengan seseorang yang ahli pemograman , seandainya bekerja di start up. Akan menjadi people of the record aja yang memang ada di bidang ini, karena mereka adalah kunci tentang produk yang akan di tawarkan. Jadi inget Nam Do San kan , si jenius yang ahli di bidang pemograman, membuat sebuah program yang luar biasa, dan tentunya berguna untuk semua.  

Ngefans bangeut lah sama IT hehe 

Terimakasih sudah berkunjung ke blog aku , semoga infomasi nya bermanfaat ya lentiku .. 


47 komentar:

  1. Aku pernah baca , dan emang bagus banget belajar ilmu star up ini infonya juga sangat bermanfaat sekali kak , noted banget pokoknya 😍

    BalasHapus
  2. Akuuuu makin penasaran. wkwkw. duh duh duh. takutttt mau ikutan nonton.
    Btw, apakah start up selalu tentang dunia digital?
    Kalau nggak salah di Malang da perusahaan baru berdiri, dan mereka menyebut start up.
    Mereka punya sistem affiliate untuk produk minyak balur sih sebenarnya. Seperti itu namanya start up juga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku coba jawab , setahu aku ya ka , jadi untuk start up identik nya dengan digital , karena pada umumnya produk yng dijual berupa software atau apliaksi, untuk yang affiliate yang aku tahu jadi sistem kerja sama , misal ka niken kan jago nih nulis dan traffic web nya bagus, bisa gabung ba sama perusahaan minyak balur itu nanti emba niken punya fee ,, jadi perusahaan itu jadiin tool emba niken untuk marketingnya ( cmiiw)

      Hapus
  3. ini pada bahas drakor Start Up, bayangan aku ya kurang lebih Start Up itu ya memang membuat sebuah usaha berbasis aplikasi gitu. berbau-bau IT gitu deh. bener ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yes kaka , karena ada sejaarah nya dahulu kala

      Hapus
  4. Drakor tuh nggak selalu identik dengan percintaan ya, ada variasi kisah yang menarik dan inspiratif. Salah satunya Start Up ini, kita jadi banyak belajar sambil dihibur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku milih milih juga sih teh kalau nonton hehe

      Hapus
  5. Start up memang semakin banyak bermunculan ya saat ini. Bagus lah, semoga akan membuka peluang kerja yang lebih luas.
    Btw denger Start Up aku gak inget drakor, sih. Soalnya gak pernah nonton drakor sekarang. Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh aku aminkan teh , peluang kerja yang luas ya

      Hapus
  6. Aku udah lama gak ngikutin perekambangan perkoreaan nih jadi kayanya ketinggalan banget saat bahas beginian. Paling aku nonton beberapa drakor aja buat isi waktu itu pun film terakhir yg the world of the married itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini aku coba up karena memang temannya lagi hive bangeut ka , media santer beritain ini drakor

      Hapus
  7. Jadi bisa dibilang bisa belajar juga dari drama ya, meski dengan bungkus yang sedikit berbeda dengan ilmu bisnis. Belajar lewat hiburan nyatanya cukup menyenangkan dan mudah diterima otak.

    BalasHapus
  8. Contoh, kalau setau aku sih aplikasi yang namanya download gratis itu dapat royalti dari google play store. Jadi, setiap kali terdownload, maka ada sejumlah yang didapat oleh pemilik aplikasi tersebut.

    BalasHapus
  9. aku juga pengen kerja di start up, tapi nggak tahu mau di bagian mana
    pengennya di bagian copywriter, semoga ya suatu hari nanti ada kesempatan itu, aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. pasti ada sih teh , karena be copywriter itu masuk ke semua lini, termasuk start up ,, semoga dapat ya teh

      Hapus
  10. Jadi pengen nonton wkwk. Kayaknya seru tapi ini 1 drakor belum habis2 saya tonton 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. nontonya santei ga usah marathon nanti pusing

      Hapus
  11. Whuaaa kayanya ini drakor memang lagi naik daun banget dan jadi inspirasi banyak pengusaha muda ya. Soalnya di berbagai group wag juga ramai membicarakan ini

    BalasHapus
  12. Aku juga nonton Start Up, tapi belum bahas apa-apa di blog. Nanti nunggu kelar. Btw, aku suka temanya yang bahas perusahaan baru dan perjuangannya

    BalasHapus
  13. Whuah aku berharap dapat bocoran sinopsis drakor Start Up tadi. Hehe. Starup memang sangat lekat dengan dunia usaha zaman sekarang. Tak bisa dipisahkan dg enterpreneur muda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini aku coba relate in sama daily aja sih teh belum masuk sinopsis

      Hapus
  14. Sabtu dan Minggu terasa lamaaaa bgt, gegara nungguin drakor Start Up qkqkqkq

    Btw, aku tim HAN JI PYEONG qkqkqk

    Syukaakk bgt ama karakternya😆

    BalasHapus
  15. Beberapa minggu ini sering baca short reviewnya di timeline nih, jadi penasaran deh ingin nonton juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru setengah jalan ko , baca dulu resensi nya teh

      Hapus
  16. sosok si Nam Do San ini emang keren bgt ya, bener-bener inspiratif filmnya jadi banyak belajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. dan sosok itu ada , anak it hahah bener ga teh

      Hapus
  17. Wahahaaha, aku sempet bingung sama judulnya, soalnya aku bukan drakor lovers wkwkwk, gimana yaa biar bisa suka drakor atulahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga engga teh , engga bucin drakor tapi kalau dari google trending udh hive bangeut baru aku nonton

      Hapus
  18. Dari sebuah drama berseri bisa jadi beragam posting yang informatif.
    Pasti banyak yang cari nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. soalnya dari pertama pres lrisnya , udh diceritain tentnang ilmu bisnis hehe, aku suka

      Hapus
  19. Tulisannya enak di baca, bener tapi teh aku dr drama ini jadi belajar dan “oh gini loh start up itu” well maaci infonya ya

    BalasHapus
  20. udah lama ga nonton drakor heheheheh penasaram juga

    BalasHapus
  21. menarik banget nih, aku belom sempet nonton. karena masih riweuh sama kerjaan kayaknya pas libur aku kudu nonton deh hehe

    BalasHapus
  22. aku be like cara nonton drama korea netflix gmn sih pen nonton :(

    BalasHapus
  23. Yang ini aku gak nonton huhu.. lom mood lagi nih ngikutin drakor on going masih nyari2 drakor yang recomemded. Skrg kudu tugas dulu nongkrongin sinet indo soalnya haha

    BalasHapus
  24. Yang ini aku gak nonton huhu.. lom mood lagi nih ngikutin drakor on going masih nyari2 drakor yang recomemded. Skrg kudu tugas dulu nongkrongin sinet indo soalnya haha

    BalasHapus
  25. Yang ini aku gak nonton huhu.. lom mood lagi nih ngikutin drakor on going masih nyari2 drakor yang recomemded. Skrg kudu tugas dulu nongkrongin sinet indo soalnya haha

    BalasHapus
  26. Yang ini aku gak nonton huhu.. lom mood lagi nih ngikutin drakor on going masih nyari2 drakor yang recomemded. Skrg kudu tugas dulu nongkrongin sinet indo soalnya haha

    BalasHapus
  27. wah..kukira tadi sinya kayak ringkasan cerita,heheh..tapi ini informatif..untuk membangun start up emang butuh persiapan matang. gak jarang juga banyak yng gagal. dengan banyaknya start up yang muncul bisa membuka lapangan kerja baru tuh..

    BalasHapus
  28. Aku menunggu episode 13 nya nih. Tim Pak Han baper akut lihat preview episode 13.semoga aja happy ending untuk semua pihak. Aamiin

    BalasHapus
  29. Aku malah penasaran sama drakornya. Benerkan ada drakornya? Pada ngebahas start up di mana-mana. Sampe asa yang nebak bakal muncul start up 2.

    BalasHapus

Seru Juga Ya Ngurus Tanaman Di Rumah

 Apapun berguru dari pengalaman pasti bisa. Ini  mah ku mau cerita soal  temen-temen baru yang ada dirumah  aku. Apa sih  ? tanaman yaaa guy...