Sabtu, 22 Februari 2020

Penyakit Diabetes Tidak Menular


Salah satu penyakit kronis yang sering dialami oleh orang Indonesia adalah diabetes. Munculnya diabetes ditandai dengan kadar gula darah (glukosa) tinggi melebihi batas nilai normal. Kadar gula darah menjadi tinggi akibat tidak diserap oleh sel tubuh dengan baik. Banyak yang bertanya-tanya penyakit diabetes apakah menular? Pengetahuan tentang ini cukup penting supaya tidak memberikan rasa ketakutan bagi penderita dan orang di sekitarnya.

1. Tentang Diabetes



Seperti yang disebutkan diatas bahwa munculnya diabetes akibat kadar gula (glukosa) dalam tubuh cukup tinggi. Penyakit diabetes yang menyerang bisa dirasakan dalam waktu yang cukup lama dan bisa menjadi kronis. Banyaknya kadar gula (glukosa) dalam tubuh tersebut bisa mengakibatkan penumpukan dalam darah. Hal ini disebabkan kadar gula (glukosa) tidak diserap dengan baik oleh sel tubuh.

Diabetes yang terus dibiarkan akan menyebabkan terjadinya gangguan organ di dalam tubuh manusia. Apabila diabetes ini tidak segera dikontrol dengan baik, maka bisa berakibat fatal. Sesuatu yang buruk bisa saja terjadi seperti timbulnya berbagai komplikasi yang sangat membahayakan nyawa, seperti diabetes, stroke, dan sebagainya. Ada mitos yang mengatakan bahwa penyakit diabetes bisa menular. Akibat mitos ini banyak penderita bertanya penyakit diabetes apakah menular?

2.Jenis-jenis Diabetes

Perlu diketahui bahwa diabetes memiliki dua jenis, yaitu:

  • Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1 terjadi karena sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas. Sel-sel pankreas itu sendiri berguna untuk memproduksi insulin. Kejadian ini akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh sehingga mengakibatkan kerusakan organ-organ tubuh.  Diabetes tipe 1 dikenal juga dengan nama diabetes autoimun.

  • Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 merupakan jenis diabetes yang sering terjadi. Penyakit ini terjadi akibat sel-sel tubuh tidak lagi sensitif terhadap insulin, sehingga insulin yang dihasilkan tidak bisa digunakan dengan baik. Sekitar 90-95% penderita diabetes di dunia menderita diabetes tipe 2.

3. Gejala Diabetes



Adapun gejala diabetes yang perlu diketahui adalah sebagai berikut:

  • Berat Badan Mengalami Penurunan
Berat badan naik turun merupakan sesuatu yang biasa saja, akan tetapi jika berat badan terus menerus turun maka perlu waspada. Salah satu gejala munculnya diabetes adalah mengalami penurunan berat badan cukup drastis. Kondisi ini merupakan gejala awal diabetes akibat gula darah tidak diserap oleh tubuh.

  • Nafsu Makan Meningkat
Gejala diabetes selanjutnya adalah nafsu makan meningkat. Kondisi ini terjadi karena tubuh membutuhkan asupan glukosa lebih banyak yang berasal dari makanan. Meski nafsu makan meningkat kondisi tubuh tidak optimal dan sistem metabolisme tidak berjalan dengan baik. Kemudian akan memicu terjadinya rasa lapar.
Intensitas Buang Air Kecil Meningkat.

Gejala diabetes yang paling dikenal oleh masyarakat adalah sering buang air kecil, bahkan intensitasnya meningkat terutama pada malam hari. Jika mengalaminya sebaiknya segera pergi ke dokter sehingga bisa dilakukan penangan yang tepat.

  • Sering Kesemutan

Apabila kadar gula darah sudah cukup tinggi maka akan sering mengalami kesemutan. Biasanya kesemutan terjadi pada bagian tubuh seperti tangan , kaki dan jari-jari. Kesemutan ini terjadi akibat adanya kerusakan pada serabut saraf.

Mudah Terjadi Luka dan Susah Sembuh
Seperti yang diketahui apabila seseorang mengidap diabetes maka sistem kekebalan tubuh menjadi tidak normal. Jika penderita memiliki luka terbuka, maka proses penyembuhannya sangat susah.

4. Lalu Penyakit Diabetes Apakah Menular?


Selama ini diabetes telah diketahui bahwa bukan penyakit menular. Tetapi ketika ada berita bohong tentang ini maka membuat masyarakat menjadi resah. Akibatnya saling bertanya-tanya penyakit diabetes apakah menular. Berita ini sangat tidak baik buat mental penderita dan orang di sekitarnya.

Banyak orang bertanya penyakit diabetes apakah menular, perlu diketahui bahwa diabetes bukan merupakan penyakit menular. Akan tetapi jika memiliki riwayat keluarga memiliki diabetes maka berisiko lebih besar terserang diabetes.

Sekedar menambahkan jangan takut dengan informasi mengenai penyakit diabetes apakah menular, ketika mendengar pertanyaan tersebut lebih baik segera bertanya langsung kepada dokter. Jangan sampai berita tentang diabetes bisa menular membuat penderita tertekan dan tidak fokus dalam proses penyembuhan.
Dokter juga sudah menegaskan bahwa diabetes bukanlah penyakit menular. Akan tetapi, seseorang akan berisiko tinggi terkena diabetes jika memiliki pasangan yang juga menderita diabetes. Jadi penularan penyakit diabetes akan tergantung pada riwayat medis yang dimiliki oleh pasien.

Itulah informasi mengenai penularan diabetes. Selain itu artikel mengenai diabetes bisa dicek  link https://www.cekaja.com/info/penyakit-diabetes-ini-3-kebiasaan-sederhana-untuk mencegahnya.  Semoga sudah dapat menjawab pertanyaan banyak orang mengenai penyakit diabetes apakah menular. Apabila Ingin mendapatkan informasi lain yang berkaitan dengan diabetes, maka kuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.

7 komentar:

  1. Kalau turun temurun lebih besar ya teh?

    BalasHapus
  2. Terimakasih atas sharingnya. Untuk menurunkan gula darah bisa juga dengan minum madu rutin dan menjalankan puasa sunnah senin-kamis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 ,,,Madu it's better,, and puasa sunnah better than

      Hapus
  3. Setau saya diabet itu d sebabkan 2hal . Bs turunan dan pola mkn. Byk yg hrs d hindari jg setelah mkn d ushan tdk lgsg tdr , dan tdk sering mkn nasi anget lgsg dr magicom krn kadar gulany tinggi .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuuuuuuuuu,,Nasi Panas juga kurangiiii, Terimaksih sudah berkunjung Di Blog saya..

      Hapus

Pusing Mix and Match Warna Baju , Cobain pakai Colour Wheel

Siapa di sini yang kalau mau pergi , suka bingung cari baju ? bingung  mix and match warnanya juga ? aku juga sih  Color Wheel Kalau boleh c...