Selasa, 13 April 2021

Coworking Space itu Sebetulnya Apa ? Simak Yuk Penjelasannya

Coworking space itu apa sih sebetulnya ? Scroll terus ke bawah ya 

Jadi awalnya itu Aku menemukan kata coworking space itu di tempat kerja. Jadi tempat kerja Aku kebetulan untuk pusatnya ada di Malaysia untuk representative di Bandung kami  coworking space di salah satu cafe daerah Bandung timur . Istilah Coworking Space ini sering bangeut di sebut sama temen-temen kantor , digrup , di telepon , kadang calon customer aku suka bilang itu. Rasa penasaran itu buat Aku  coba baca dan searching sebenarnya Coworking Space itu apa ? 

Pengertian Coworking Space

Ini aku coba resume ya mengenai pengertianya  Coworking Space  jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia adalah Ruang kerja bersama . Dijelaskan lebih detailnya ini by opini aku coworking space adalah sebuah ruang kerja bersama yang memiliki konsep berbagi . Bisa  secara terbuka( siapapun )  atau secara privat. Untuk ruang terbuka sendiri ini biasanya untuk individu atau personal. Sedangkan coworking space yang privat biasanya  digunakan oleh perusahaan  yang sudah sangat teroganisir. Sehingga diperlukan ruang kerja yang privat demi kenyamanan.

Jenis Coworking Space

Nah base on  pengalaman , untuk coworking space sendiri itu ada beberapa macam

·         Ruang untuk umum, siapapun bisa menggunakan tempat ini ,tidak ada pengecualian. Biasanya ukurang  ruangannya kecil , kadang terbuka. Fasilitas yang didapat disesuaikan dengan berapa lama tempat ini digunakan. Penggunaan ruang ini simple nya seperti kita datang ke café ,sambil makan dan mengerjakan tugas atau pekerjaan. Ada beberapa café sengaja menyediakan ruangan terpisah , entah itu di lantai dua atau ruangan yang memang khusus coworking space. Cosnya juga bisa payment per hour , atau harian.

·         Ruang privat ,jelas ini hanya untuk yang menginginkan privasi saja. Perusahaan atau komunitas yang sering menggunakan coworking space jenis ini.  Dengan kata lain disewa. Cost nya juga berbeda dengan jenis ruangan lainya . Bisa untuk per 6 bulan atau 1 tahun.

                              Manfaat menggungakan Coworking space

·         Suasana baru tentunya  , dengan menggunakan coworking space kita akan merasakan kerja di tempat  yang tidak biasa. Manfaat ini berlaku untuk user individu atau personal ya, mengapa demikian ? coba bayangkan kita kerja di tempat terbuka dan disana kita akan bertemu dengan orang-orang diluar perusahaan kita.Bisa beda bidang , beda profesi , tapi bertemu dalam satu ruangan coworking space.  Freelance cocok nih kalau pakai coworking space.

·         Pressure Cost , intinya neken budgeting cost perusahaan untuk sarana dan prasana. Manfaat ini baru berlaku untuk perusahaan. Dari pada beli prasana Gedung ,  memilih coworking space bisa jadi alternatip. Tujuannya satu , press budget  yang optimal .

·         Relasi ,  bisa saja  Ketika kita menggunakan coworking space  , kita bertemu orang-orang yang nantinya akan menjadi relasi bisnis kita.

Kebetulan aku tinggal di Bandung nih , iseng nge search  coworking space yang ada di Bandung. Diluar dugaan ternyata banyak sekali , salah satunya coworking kedai kopi kaka di Jalan Ibrahim Adjie ( lt 2 nya kantor aku ) . Dibawah ini beberapa Coworking space yang aku pernah liat dan lewatin depan nya, masuk sebentar tapi belum pernah join. 

Ruang Duduk

Jalan Wayang No 2 Burangrang

Co and co

Jalan Dipati Ukur No 5

Betah Space  Lt 2 Delapan Padi Resto

Jalan Dipati Ukur No 8

Eduplex

Jalan Ir H Djuanda No 84

 Terimakasih sudah berkunjung , dan semoga tulisan ini bisa jadi inspirasi nih buat lentiku dimanapun.

8 komentar:

  1. Zaman now makin marak kahediran coworking space terutama di kota2 besar :) Memang nyaman banget, kita bisa bekerja dengan serius tapi ada santai2nya juga. APalagi fasilitasnya lengkap, makin betah deh berlama2 di sana :D

    BalasHapus
  2. Bandung kota kreatif, pastinya banyak coworking space utk mendukung iklim kerja yg creative dan semangat kolaborasi ya Kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau coba juga ahhh bikin konten di coworking space!

      Hapus
  3. waah aku juga pernah ke Coworking Space di Malang, situasinya kurang lebih sama lah dengan yang digambarkan di sini.
    Kerja di Coworking Space, tulisan auto bisa mengalir lancar yaaa

    BalasHapus
  4. Aku belum pernah ke working space sendirian, seringnya pas meeting atau pas ada acara.
    Pengen jg sesekali working space sendirian kapan2 utk bekerja hehe

    BalasHapus
  5. di pontianak, kotaku tinggal sudah ada beberapa co working space dan biasanya ada beberapa perusahaan startup berkantor. Kerja lebih nyaman dan terkadang bertemu juga dengan teman seprofesi

    BalasHapus
  6. Aku baru sekali ke coworking space karena ada acara komunitas. Hehe.. kurang main emang.
    Dan tempat-tempat seperti itu cocok banget ya buat para freelancer. Buat pekerja kantoran yang pengen cari suasana baru juga oke sih :)

    BalasHapus

Asus Zenbook Pro 14 Oled ( UX6404 ) Laptop Para Creator Profesional

Asus Zenbook Pro 14  Oled ( UX6404 ) adalah paket lengkap untuk kamu seorang kreator yang kreatif dan imanjinatif. Launching pada awal   tah...