Kamis, 15 Desember 2022

Pengalaman Pertama Transfer Uang Ke Luar Negeri Melalui Bank BCA

Ini mungkin pengalaman pertamaku kerja sama bisnis dengan pihak luar , maksudnya orang luar negeri . Saat ini aku lagi fokus di produksi ,diantaranya produksi sepatu, tas dan topi. Beberapa waktu lalu alhamdulillah dapat orderan dari luar negeri ( Malaysia ). Mungkin sistem kerja sama nya tidak jauh berbeda dengan customer domestik. Hanya saja disini yang berbeda itu di sistem pembayaran. Jujur saja aku awam soal sistem  pembayaran antar luar negeri. Tiba-tiba minta rekening yang saya punya and then masuk aja . Saya sampai terheran-heran transfer nya pakai apa ya ? Setelah saya cari tahu ternyata transfer antar negara bisa dilakukan dengan cepat bangeut lho tanpa ribet. Banyak aplikasi yang bisa dipakai hanya kali ini saya mau share pengalaman transfer uang ke luar negeri pakai Valas BCA. BCA itu memang selalu jadi solusi.  

Sebelum datang ke bank BCA saya  sempat mendatangi Bank Penerima dari yang akan saya transfer sebut saja Bank A. Karena saya pikir Bank A yang ada di Indonesia sama dengan yang ada di luar negeri jadi saya dengan polosnya bilang mau transfer ke bank A. Namun ternyata dijelaskan ada proses yang agak panjang katanya untuk transfer ke luar negeri.  Kemudian dijelaskan walau pun Bank nya punya label yang sama untuk transfer atau setoran harus ada persetujuan. Kemudian prosesnya kurang lebih memakan waktu 1 minggu. Ternyata lama juga ya , sampainya kita urung untuk transfer pada hari itu. 

Keesokan harinya kita inisiatip lah datang ke Bank BCA untuk transfer ke luar negeri. Saya datang langsung ke kantor pusat biar semua bagian ada. Kalau datang ke cabang ya ujung-ujung nya nelpon cabang. Ketika tiba langsung ditanya bapa satpam yang super ramah . Saya langsung bilang mau transfer ke luar negeri . Kemudian saya agak shock pa satpam nya langsung nunjuk ke arah valas . "Ibu silahkan ke ruangan valas (valuta asing ) nanti ada staf yang akan membantu". Senang nya akhir nya bisa. Singkat cerita langsung bertemu dengan staf valas , saya jelaskan kebutuhan nya. 

Disini memang kita Q and A dengan staff nya. Pertanyaan yang diajukan seputar : 
  •  transfer uang apa
  • Bergerak di bidang usaha apa 
  • apa sudah pernah sebelumnya transfer ke luar negeri 
Langsung kita diberikan formulir seperti kita mau setoran tunai ke bank. Tapi sebelum kita mengisi detail info penting yang aku tangkep ketika mau transfer ke LN lewat bank ,khususnya via BCA karena aku pakai BCA ya : 
  • Transfer via bank BCA akan ditransfer dalam bentuk dollar 
  • Kita diminta kode swift bank penerima 
  • Apakah penerimanya perusahaan atau personal datanya harus valid 
Setelah itu selesai kita isi , tanda tangan kemudian ktp di copy ,tanda tangan beres  deh. Sampai disa na kurang lebih  2 hari sudah bisa langsung dicairkan penerima.

Buat temen-temen sebetulnya banyak bangeut cara transfer ke luar negeri yang lebih simple. Onfo dari pegawai bank BCA ada beberapa aplikadi online untuk transfer ke luar negeri  yang dalam hitungan detik bisa langsung selesai. Diantaranya : 
  • Western Union
  • Moneygram
  • Paypal
  • Wise
  • Flip juga bisa 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Asus Zenbook Pro 14 Oled ( UX6404 ) Laptop Para Creator Profesional

Asus Zenbook Pro 14  Oled ( UX6404 ) adalah paket lengkap untuk kamu seorang kreator yang kreatif dan imanjinatif. Launching pada awal   tah...