Selasa, 01 Desember 2020

Free Trial Dari Level Up Exercise


Olahraga itu asyiknya bareung temen , seetidaknya kalau sama temen kita bisa sharing siapa tahu temen kita tahu banyak tentang olahraga , jadi kan kita olahraganya bisa terarah. Aku dan teman-teman sering bangeut olahraga di Gasibu atau Saparua. Tempat olah raga ruang terbuka ini cukup populer di Bandung. Sampai Akhirnya aku dan temen-temen dikantor nyoba jogging sore lagi nih di gasibu ( sebelum covid melanda ).  Pulang kerja jam 16:30 langsung menuju ke running track Gasibu. Gasibu jadi pilihan buat olahraga sore, rekomended bangeut. Selain bersih juga running track nya kering, lumayan lah ya,  4-5 keliling buat badan berkeringat  

Lagi  asyik joging sore  tiba-tiba didatangin sama instruktur fitnes, namanya Level Up Exercise ,lentiku boleh visit instagramnya. Awalnya Bingung apa ya level up erxcercise itu? ternyata mereka itu penyedia layanan fitnes outdor and fitness by request. Biasanya kan kita kalau fitnes di gym , terus indoor  dan mungkin cuma personal. di Level Up Exercise kita bisa calling mereka untuk datang ke rumah atau perusahaan ,ini juga bisa personal atau perkelompok. 



Aku dan teman-teman dapat free trial saat itu , kurang lebih satu jam kita akan fitnes di outdoor . Ini pengalaman pertama fitnes di outdoor . Sebelum kita mulai , ada beberapa data yang harus kita ketahui sebelum melakukan trial bersama level up exercise. Data-data tersebut adalah :


1. Berat Badan 

Ini akan jadi tugas rutin nantinya , dan kita perlu memantau turun naiknya berat badan kita . Informasi dari instruktur  itu akan menentukan jenis olahraga apa saja yang cocok, berapa banyak asupan yang harus kita konsumsi. Biar kedepannya kita bisa menjalani  pola hidup yang sehat. Pas di cek tempo hari berat badan aku di 53 Kg. Saran dari instruktur untuk mengetahui apakah berat badan kita overweight , under weight atau obesitas itu baiknya cek lab, sekalin medical check up biar bisa ada rekamedis mengenai keterangan badan kita. 

2. Body Fat 

Merupakan presentasi kadar lemak dalam tubuh, mendengar kata lemak kadang membuat kita shock. Kadar lemak  harus selalu kita perhatikan. Semaki Ada perbedaan antara wanita dan pria, untuk wanita kurang lebih di angka 19-22 persen dan untuk pria 15-19 persen dan ini bisa dilihat dengan cara menggunakan timbangan digital body fat, atau bisa masuk ke web calculator online untuk hitung body fat.

3. TBW ( Total Body Water ) 

pengertian sederhana dari total body water adalah keseluruhan cairan yang ada dalam tubuh kita. Jumla tiap orang nya pun berbeda , diklasifikasikan menurut gender dan usia juga . Info dari instruktur aku , wanita itu tbw nya 60% dan laki laki itu di 80% ini untuk ukuran orang dewasa, ini bisa dihitung menggunakan timbangan digital khusus. Aku baru tahu untuk kebutuhan air itu tidak semua sama , dan ternyata ada cara hitungnya . Perhitungannya begini , Berat badan kita di bagi 10 , kemudian di bagi dua. Aku berat badan kan 52 Kg di bagi 10 hasilnya 5,2 kemudian di bagi 2 ( 5,2:2 =2,6 l) , jadi kebutuhan cairan aku kalau bisa jangan kurang dari 2,6 liter per hari.

4. Muscle Mass ( Masa Otot) 
Ukuran otot yang dimiliki oleh seseorang, dan setiap orangnya tidak akan sama. Saran dari instrukturnya jangan sampai otot kita lebih kecil dari lemak kita.

5. RMR ( Resting Metabolic Rate ) 

Memiliki pengertian tingkat dimana tubuh membakar energy ketika sedang istirahat penuh( berbagai sumber ). Lentiku juga bisa hitung RMR  secara online juga  , data yang harus diisi umur, tinggi badan , berat badan kemudian gender. Fungsi kita mengetahui berapa nilainya untuk mengukur berapa banyak kalori yang terbakar ketika kita tidak melakukan apa-apa.

6. BMR ( Basal Metabolism Rate) 

ini aku skip yang untuk pengertianya detailnya , namun aku baca di komunitas bukalapak  bahawa BMR adalah jumlah kalori yang dibutuhkan setiap harinya untuk bertahan hidup. 
 
7. Metabolic Age 

Ketika input data ini , hampir semua tertawa karena tidak sesuai real umur , aku naik 1 tahun dari umur real , 32 naik 1 tahun jadi 33 . Ada yang melebihi 7 tahun , jadi ternyata ini dipengaruhi oleh faktor 9 item yang disebutkan di artikel ini . Jangan sampai umur kita masih muda tapi engine nya seperti lanjut usia , mesti aware semua.

8. Bone Mass (  Kepadatan Tulang )

Ini perlu kita ketahui juga , khawatirnya ada gejala osteroporosis . Bisa kita ukur juga , jadi ada antisipasi  terlebih dahulu ketika akan melakukan olahraga. Jangan lupa jaga kesehatan tulang ya lentiku.

9. Visceral Fat Rating 

Lingkar  belly , atau lingkar perut ketika kami diukur  memang keluar dari jalur . Kalau aku masih di skala  4 dan range untuk lingkar perut itu di 1-5 , jadi harus di tahan . Info tambahan juga untuk lingkar perut berdasarkan informasi dari dokter ketika medical checkup untuk lingkar perut diusahakan untuk pria itu di lingkar 90 cm , dan wanita di 80 cm , katanya no debat. 

Sembilan poin diatas memang harus kita ketahui terlebih dahulu, agar olahraga kita terarah. Sehingga tujuan kita berolahraga itu jelas, apakah untuk menurunkan berat badan saja , apakah untuk menaikan berat badan , atau untuk menjaga agar tubuh tetap sehat. 

Dokumentasi untuk latihan fitnes outdoor bareung Level Up Exercise aku coba collage. Ada beberapa jenis kegiatan olah raga yang kita lakukan. Mulai dari angkat burbel yang satu kilo , sampai angkat tambang yang luar biasa beratnya . Seru memang , kita barengan olahraga di outdoor ditambah dengan ada instruktur dari level up Exrcise. Boleh visi instagarmnya juga di Level Up Exercise. 



10 komentar:

  1. Seru juga ya tapi kalo buat pemula kayak saya masih agak takut sih mbak takut gak kuat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyh ka, olahraga Fitnes kaya gini memang enggak bisa sembarang harus ada pengecekan awal, untuk menentukan boleh lanjut atau enggaknya

      Hapus
  2. Kalau olahraga ada arahan dari ahlinya gini lebih mantep ya mbak.
    Jadi inget aku udah lama bgt ga olahraga nih. Kelamaan rebahan jadi hobi gini

    BalasHapus
  3. Kalau aktivitas workout bareng gini jadi lebih enak dan terkontrol. Apalah di rumah cuma pakai app jadi kadang boloa workout 🙈

    BalasHapus
  4. Yes betul ka, aku juga kadng dirumah pakai alat seadanya, yg pasti olahraga tetep jalan

    BalasHapus
  5. Wah menarik nih trial class-nya, fitness outdoor pula. Seru banget nih bacanya, jd pengen ikutan fitness jg.

    BalasHapus

Asus Zenbook Pro 14 Oled ( UX6404 ) Laptop Para Creator Profesional

Asus Zenbook Pro 14  Oled ( UX6404 ) adalah paket lengkap untuk kamu seorang kreator yang kreatif dan imanjinatif. Launching pada awal   tah...