Jumat, 26 Agustus 2016

Assessment

Assessment

Selasa 16 Agustus 2016

Hai lentiqu , lama sekali ya absen ngisi ini blog. Suka bentrok sih bentrok sama malas hehe…

           Akhirnya dapat ilham buat nulis lagi , ini Saya alamin sendiri. Ceritanya tentang proses assessment. Jelas assessment di tempat Saya bekerja. Mungkin lentiqu juga pernah mengalami proses assessment. Entah itu assessment kenaikan gaji, kenaikan pangkat , atau assessment annualy . Bagus sekali menurut Saya ketika proses assessment ini diberikan kepada karyawan namun harus dengan tujuan yang jelas. Misalnya PA ( proses Assessment ) untuk kenaikan jabatan, karyawan tersebut tidak akan disahkan naik jabatan sebelum melewati assessment yang diberikan bagihan kepegewaian. Baru setelah melewati assessment hasil nya keluar, ini yang akan dijadikan landasan bagi pimpinan kita apakah karyawan tersebut layak atau tidak untuk kenaikan jabatan tersebut. Tidak hanya untuk kenaikan jabatan , bisa untuk request mutasi bagian, atau kenaikan grade.
         Proses assessment terdiri dari dua step , seperti biasa dimulai dengan psikotes dan di akhiri dengan proses interview. Psikotes adalah step pertama yang harus dilalui oleh peserta ( peserta assessment ) . Alat bantu yang di gunakan dalam psikotes juga disesuaikan dengan kebijakan perusahaan tersebut . Kalau boleh Saya kasih bocoran ada psikotes verbal , visual, aritmatika, deret, logika. Untuk improve lentiqu bisa googling . Step terakhir ini adalah interview , ini face to face biasanya. Content interview pun disesuaikan mengikuti kebijakan dari perusahaan. Berdasarkan yang Saya amati para interview itu menggunakan prinsip 5 W ( what , where , Why, When , Who ) dan 1 H ( How ).


        Beberapa hal harus diperhatikan ketika  lentiqu menghadapi assessment.Pertama lentiqu harus benar-benar siap , kalau tidak siap sharing dengan atasan apakah assessment ini akan diterima atau tidak,kenapa ?? karena ketika lentiqu ragu mengambil keputusan ini hasilnya pun tidak akan maksimal. Kemudian persiapkan teori harus diperhatikan seperti latihan-latihan soal psikotest lentiqu wajib memiliki arsip , bisa browsing dari internet, atau membeli buku  tentang psikotes. Sehingga ketika lentiqu menjalani proses assessment menjadi lancar. 
       Buat yang mau assessment good luck ya .....
      


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Asus Zenbook Pro 14 Oled ( UX6404 ) Laptop Para Creator Profesional

Asus Zenbook Pro 14  Oled ( UX6404 ) adalah paket lengkap untuk kamu seorang kreator yang kreatif dan imanjinatif. Launching pada awal   tah...