Selasa, 14 September 2021

Mau Sekolah Daring dirumah Jadi Menyenangkan? Simak Yu


Ada kabar kalau sekolah sudah akan tatap muka. Kabar bahagia untuk para siswa di seluruh negeri ini. Rindu sudah jelas pasti rindu, rindu belajar bersama guru, bertemu teman-teman sekolah juga. Dikarena kan kondisi covid belum sepenuhnya pulih kegiatan belajar disekolah pun mungkin akan dibatasi. Jadi tidak full time belajar disekolah, jadi sistem daring pun akan tetap dijalani mengingat masa pandemi Covid 19  belum selesai.

Sepertinya daring sudah menjadi kebiasaan baru untuk para pendidik dan  peserta didik. Belajar jarak jauh secara online atau daring akan menjadi sistem belajar yang bisa diterapkan  bukan hanya  untuk masa pandemi saja. 

Dibawah ini ada beberapa tips yang bisa di lakukan  agar belajar secara daring bisa lebih semangat : 

1. Rubah suasana rumah seperti ruangan sekolah 

Ketika belajar kita harus menciptakan suasana yang sangat nyaman. Agar belajar di sekolah atau dirumah pun peserta didik tetap bisa nyaman belajar. Mengingat kegiatan pada masa pandemi ini hampir 90 persen dilakukan dirumah secara daring. Otomatis para orang tua harus memperhatikan hal ini. Buatlah fasilitas ruangan belajar dirumah semirip mungkin dengan ruangan di sekolah. Seperti papan tulis , meja dan kursi belajar atau mungkin dilengkapi dengan kumpulan buku seperti perpustakaan.  Agar perasaan berada di ruangan  kelas akan lebih terasa walau sedang belajar di rumah.

2. Perhatikan jaringan koneksi internet 


Ini salah satu suporting paling penting juga. Karena belajar dirumah untuk saat in dilakukan secara daring jadi usahakan pilih fasilitas  internet yang baik. Jika ingin memasang wifi usahakan yang review dari konsumen nya baik. Begitupun jika memilih provider kartu , usahakan yang jarang mengalami gangguan. 

3. Hindari Yang Bisa Mengganggu Fokus Belajar


Hindari yang bisa menggagu fokus belajar maksudnya adalah hal-hal yang secara langsung atau tidak langsung mengganggu fokus anak belajar. Contoh Karena sedang menggemgam gadget untuk daring bisa saja tiba-tiba hilang fokus karena ingin bermain game. Oleh karenanya pastikan di gadget yang akan dipakai daring itu khusus untuk daring saja , dengan kata lain hilangkan aplikasi game atau aplikasi yang tidak perlu. 

4. Jangan lupa siapkan snack kesukaannya 


Sediakan snack yang disukai oleh anak ketika belajar daring. Ini bisa jadi penyemangat atau booster ketika belajar terasa mulai sedikit suntuk. Seperti yang kita ketahui belajar daring dilakukan secara individu. Tingkat bosan nya akan lebih tinggi dibanding dengan belajar diruang kelas. Jadi pastikan anak tetap semangat belajar daring salah satunya sediakan snack kesukaan. 

5. Controling berkala oleh orang tua 


Ini dimaksudkan karena dikhawatirkan anak mengalami kesulitan ketika melakukan belajar secara daring. Bisa saja ada gangguan secara teknis , handphone mati, jaringan tiba-tiba hilang. Jadi orang tua tetap melakukan kontroling berkala.

Diatas adalah beberapa tips  yang bisa dilakukan untuk menghadirkan kenyamanan selama belajar daring di rumah saat pandemi.

Disadur dari sumber :

https://covid19.go.id/edukasi/masyarakat-umum/meski-di-rumah-saja-begini-cara-belajar-yang-nyaman-selama-pandemi?utm_source=blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Asus Zenbook Pro 14 Oled ( UX6404 ) Laptop Para Creator Profesional

Asus Zenbook Pro 14  Oled ( UX6404 ) adalah paket lengkap untuk kamu seorang kreator yang kreatif dan imanjinatif. Launching pada awal   tah...