Jumat, 22 Mei 2020

5 Makanan Yang Wajib Ada Ketika Lebaran


Alhamdulillah sebentar lagi kita menuju kemenangan. Berpuasa hampir Sebulan penuh merupakan nikmat yang Allah berikan kepada kita.  Menahan lapar, menahan hawa nafsu yang bukan hal mudah. Kita harus lihat kedepan, didepan ada kemenangan yang harus kita raih.

Berbicara Hari kemenangan atau familiar dengan Idul Fitri, suka cita umat muslim menyambut dengan penuh rasa syukur.  Rasa syukur  itu terlihat dari persiapan menuju hari kemenangan. Dirumah aku contohnya , ibu negara selalu masak, membuat kue-kue kering lengkap dari yang manis sampai yang kering. Aku coba share 5 makanan wajib Idul Fitri ala Ibu Enikuh :

1. Opor  Oyo

Opor Ayam sebetulnya , hanya dilengkapi dengan sayuran  wortel dan buncis  yang dipotong kurang lebih setelunjuk. Bumbu-bumbu sama seperti Opor biasanya. Hanya pake kunyit sedikit biar berwarna, kemudian sayur nya jadi pelengkap biar tidak terlalu pucat. Makan kerupuk pun semangat.   Jadi lengkap Sayur,daging semuanya menjadi satu  biar tidak eneuk lentiku. 

2. Sambel Goreng Kentang


Khas nya ibu aku kalau masak sambel goreng kentang itu, kentangnya jarang di goreng, ada sedikit air.  Bumbu yang biasa digunakan untuk membuat sambel goreng kentang itu hanya bawang merah, bawang putih, merica butir, cabe merah,kemiri, tomatoes, daun salam, awesome, daun bawang, dan santan,   Notes dari Ibu aku,  kalau masak jangan pelit bumbu biar enak. 

3. Ace Cabai Hijau



Memang bahan dasarnya cabai,  tapi  yang dipakai cabe hijau besar.  Ini sama sekali tidak pedas ,Nah selain cabai kadang ibu aku tambahin buncis juga. Bumbunya songster aku Hanya,  bawang merah dan putih,  kencur, terasi, kemiri , daun salam, dan santan. Jangan lupa tabur bawang goreng diatasnya. 

4. Rendang Sunda


Ini Bakalan beda dengan rendang  padang. Ibu aku sebutnya Rendang Sunda. Bedanya apa?  Bedanya kalau rendang sunda ibu aku tidak pake kelapa tumbuk khas Padang. Jadi murni Cabe rawit merah dengan kelengkapan bumbu nusantara. 

5. Ulen 

Ini seperti kewajiban kepada negara, almost every Idul Fitri harus ada.  Bahan dasar berasa ketan yang di nanak, ditambah kelapa yang sudah diparud dan kemudian kita haluskan menggunakan tumbukan atau bahasa sundanya halu,  Bukan halu ngayal .

Itu yang wajib disetiap Idul Fitri, suasana akan sangat crowded sekali. Mengingat idul Fitri Hanya satu tahun sekali jadi umat Muslim bersuka cita menyambutnya termasuk ibu aku.

Tulisan ini kolaborasi bersama teman-teman Bandung Hijab Blogger. Terimaksih dan Selamat membaca 

12 komentar:

  1. Mau tahu trik meningkatkan traffic website?
    Mau tahu trik menambah follower instagram?
    Mau tahu trik menambah LIKE fanspage?
    Mau tahu trik menambah subscriber youtube?
    Mau tahu trik laris jualan di facebook?
    Join hanya Rp 20.000,- SANGAT MURAH.
    Kamu sudah dapat koleksi Ebook dan Video seputar bisnis online.
    Hebatnya lagi, koleksi ini bisa kamu jual ulang berkali-kali.
    Wow…!!! Modal sekali. Terima profit berkali-kali.
    Mau…???​
    Hubungi di : https://bit.ly/ilmuIM20ribu (WA : 081223575655)

    BalasHapus
  2. Ya ampun sebagai orang Sunda kayaknya ulen ini cemilan favorit banget. Aku udah abis duluan stok ulen sebelum lebaran. Hihihi. Kalo diatara ke 5 menu ini yang ngga ada sekarang itu rendang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Favorit bangeut teh hihi, Walau Repot bikinya

      Hapus
  3. Opor oyo, langsung auto bayangin cara masaknya. Boleh juga tuh di coba biar gak bosen masak opor yang gitu-gitu aja. Hehehe. Uelen juga favorit pak suami. Mau lebaran apa enggak harus tetep ada 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyh teh ,Opor Ayam Sbtulnya hanya ada Sayuran ditambahin

      Hapus
  4. Aahh hampir sama menu lebarannya nih ada ulen sama rendang, aku favorit bangeeeet.
    Btw maaf lahir dan batin yaa Nuy.

    BalasHapus
  5. Aahh hampir sama menu lebarannya nih ada ulen sama rendang, aku favorit bangeeeet.
    Btw maaf lahir dan batin yaa Nuy.

    BalasHapus
  6. Wah aku baru tau nih ulen biasa dimakan pas lebaran. Selama ini aku selalu bukinnya ketupat. BTw maaf lahir bathin ya teteh

    BalasHapus
  7. Wah ada ulen plus rendang sundanya nih... jadi pengen hahaha... kemarin pengen bikin rendang tapi cuman pengen doang xixixi

    BalasHapus
  8. Ternyata memang uli/ulen itu makanan wajib saat lebaran juga ya😁Dan aku belum nemu lebaran tahun ini Karena gak mudik. Huhuhu

    BalasHapus
  9. Aku baru tau ketan goreng itu makanan khas lebaran di banyak keluarga. Hahaha.. kudet aku rupanya. Aku suka banget ketan goreng tapi dimakan ma sajian lebaran mah lom pernah

    BalasHapus
  10. Lihat fotonya aja buat aku ngiler mbak.. hehe :D

    BalasHapus

Pusing Mix and Match Warna Baju , Cobain pakai Colour Wheel

Siapa di sini yang kalau mau pergi , suka bingung cari baju ? bingung  mix and match warnanya juga ? aku juga sih  Color Wheel Kalau boleh c...