Selasa, 13 Oktober 2015

Effective Communication

Kata yang tepat untuk mengungkapkan best of the day. Hebat sekali training hari ini. Topiknya masih seperti di bangku kuliah “ effective communication”. Sama dengan lentiqu, topik ini selalu menjadi topik utama dalam keseharian kita. Literasi mengenai EC ( read : effective communication), tersedia di berbagai penjuru dunia , ada di internet , ada di buku , blog nya para blogger , website pribadi , karya ilmiah , jurnal, pokonya lentiqu bisa baca everywhere. Seumpamanya di jelaskan need alot time n_n , next time ya.


Hasil gambar untuk animasi komunikasi
Ilustrasi Komunikasi 

Berbicara mengenai komunikasi , memang tidak akan ada habisnya. Waktu training satu hari , dari tadi pagi sampai sore pun terasa kurang. Apalagi trainer nya bikin benar-benar membuat kita sedikitnya mengerti bagaimana berkomunikasi dengan baik .

Banyak yang di jelaskan dalam training berkurikulum tersebut  ,hal-hal yang sudah Saya ketahui terdahulu dan ada pula hal-hal baru yang membuat fresh otak. Pengertian EC dalam training dijelaskan bahawa EC adalah bagaimana cara memberikan pesan, agar pesan tersebut bisa sampai kepada penerima dan pada saat yang bersamaan penerima pesan itu merasa nyaman.  Kata kerja komunikasi adalah TO SHARE memiliki pengertian kita melakukan kegiatan saling berbagi ide , informasi , feeling agar supaya bisa saling memahami agar menciptakan suasana nyaman, bagaimana agar supaya merasa nyaman dengan LISTENING.

Selain pengertian dari EC , trainer hebat itu menjelaskan mengenai tujuan  komunikasi . Saya buat dalam table di bawah ini :
TUJUAN
AUDIENCE
INDIKATOR
Menyampaikan informasi
Mengerti , memahami pesan yang disampaikan
-          Bisa menjawab pertanyaan
-          Bisa menceritakan kembali
Mempengaruhi orang lain
Terpengaruh
Menyetujui
Menggerakan orang
Tergerak
Ada action

Session ini sangat serius sekali , kita tegang semuanya mengikuti satu persatu yang dijelaskan oleh trainer sanguinis tersebut . Tapi kalau di telaah lagi ini pengertian komunikasi yang efektif yang sebernarnya yang harus kita fahami makna , dari komunikasi.

Masih banyak yang ingin  Saya share, capter ke dua ya ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Asus Zenbook Pro 14 Oled ( UX6404 ) Laptop Para Creator Profesional

Asus Zenbook Pro 14  Oled ( UX6404 ) adalah paket lengkap untuk kamu seorang kreator yang kreatif dan imanjinatif. Launching pada awal   tah...