Minggu, 26 Desember 2021

Ini Lho Yang Harus Diperhatikan Ketika Investasi Deposito

Berat bangeut judul nya hehe, hal-hal yang harus diperhatikan ketika akan membuka rekening deposito. Nanti dibawah aku coba share ya siapa tahu bermanfaat. Tapi aku mau spill sedikit nih ,sebetulnya deposito itu apa ? 

Ini aki sadur dari website wikipedia, yang mana deposito memiliki pengertian uang yang disimpan dalam rekening. [1] Deposito biasanya memiliki jangka waktu tertentu yang mana uang di dalamnya tidak boleh ditarik nasabah. Deposito baru bisa dicairkan sesuai dengan tanggal jatuh temponya, biasanya deposito mempunyai jatuh tempo 1, 3, 6, atau 12 bulan. Bila deposito dicairkan sebelum tanggal jatuh tempo, maka akan kena penalti sesuai dengan kebijakan bank yang bersangkutan. Penalti adalah cara yang dilakukan pihak Bank untuk menghindari risiko jika para nasabahnya tidak sabaran untuk segera mencarikan dana yang diinvestasikan dalam bentuk deposito.[2] Deposito juga dapat diperpanjang secara otomatis menggunakan sistem ARO (Automatic Roll Over).[3] Deposito akan diperpanjang otomatis setelah jatuh tempo, sampai pemiliknya mencairkan depositonya.

Itu sekilas mengenai pengertian dari deposito. Buat lentiku yang akan buka investasi deposito perhatikan beberapa hal dibawah ini, ini base on pengalaman juga  :

1. Tentukan Bank tujuan tempat Deposito. Maksudnya kita harus pandai memilih dimana kita akan safety menyimpan uang kita. Kalau sembarangan itu bisa fatal. Temen-temen bisa cari info di website , terus di media social , atai info teman yang berkerja di bank tersebut. Ini salah satu hal penting agar aman deposito. 

2.  Tujuan Pembuatan Deposito

Ini aku share pengalaman juga ya, pembuatan deposito itu harus jelas tujuan nya untuk apa ya lentiku. Apakah untuk investasi saja , apakah untuk dana talang, atau tabungan jangka panjang. Jangan pernah berekspetasi berlebih  bahwa dengan membuat deposito itu kita akan dapat untung atau return yang besar. Aku pribadi buka deposito untuk ngiket dana hehe ,karena dipake untuk biaya pendidikan. Selalu ambil tenor yg 3-6 bulan karena agar supaya bisa cair ketika pembayaran sekolah atau kuliah adik.

3. Minimal tahu basic sistem deposito 

Jangan sampai asal buka deposito ya ,seandainya belum mengetahui detail dari deposito jangan pernah coba ya.  Pengetahuan mengenai basic deposito ini penting kita ketahui mulai dari bagaimana pembukaan rekeningnya, jenis nya , sistemnya, plus minusnya juga. 

4.  Dana 

Nah ini , sumber dana yang didepositokan juga  kalau boleh saya kasih saran itu memang merupakan dana yang 70 persen alokasi untuk jangka panjang , seperti pendidikan , kesehatan, dana pensiun , atau dana talang juga. Jangan sekali-kali memutuskan membuat investasi deposito kalau sumber dana operasional sehari-hari . Kita tentunya harus bijak dong mengenai alokasi dana untuk deposito 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ini Lho Yang Harus Diperhatikan Ketika Investasi Deposito

Berat bangeut judul nya hehe, hal-hal yang harus diperhatikan ketika akan membuka rekening deposito. Nanti dibawah aku coba share ya siapa t...