Selasa, 13 Oktober 2020

World Mental Health Day

 

World Mental Health Day 

Tepat tanggal 10 Oktober ini dunia memperingati World Mental Health Day. Ini peringatan ke 28 tahun   untuk moment World Mental Health. Sebetulnya maksud dari Mental Health  itu apa? Apakah ada pengertian khusus? Yuk coba kita sama-sama jabarkan

Basicly manusia  sejak lahir seperti kertas putih yang bersih. Seiring berjalan nya waktu kertas itu terisi dengan berbagai kondisi dan peristiwa. Ada cerita bahagia, ada cerita duka , marah , emosi, trauma dan berbagai macam keadaan. Kondisi  awal nya stabil akan terpengaruh oleh keadaan-keadaan  atau peristiwa seperti diatas. Jadi inget drama Korea It's okay not to be okay . Kalau yang sudah nonton pasti tahu ,set lokasi di drakor adalah Rumah Sakit Jiwa. Jelas adanya bahwa orang-orang yang masuk rumah sakit tersebut memiki kesehatan metal yang kurang baik sehingga menyebabkan adanyak penyakit mental tersebut. Kesehatan mental itu penting adanya, jiwa yang sehat akan berpengaruh terhadap bagaimana individu tersebut dalam menjalani kehidupannya. Bisa diambil kesimpulan bahwa Mental Health memiliki pengertian bahwa kondisi dimana seseorang dalam kondisi yang stabil , secara rohani atau bisa dibilang psikis, walaupun kita tahu manuisa akan mengalami up and down , namun selama bisa handle dan diselesaikan berarti kondisi kesehatan mental kita akan tetap stabil.

Jadi mulai hari ini kita aware pada diri kita sendiri , love yourself itu adalah langkah pertama yang harus dilakukan agar kita bisa menjaga kesehatan mental kita. 

Sebagai saran mungkin lentiku bisa ikuti beberapa langkah yang pernah saya lakukan agar kesehatan mental kita tetap seimbang 

1. God First 

Tuhan menciptakan manusia sangat sempurna. Diberikan kelebihan dan tidak lupa beserta kekurangannya. Bersyukur dengan segala yang kita miliki , jangan fokus dengan yang belum kita miliki. Oleh karenanya conection kita terhadap pencipta harus dijaga dengan baik. Jangan sampai terabaikan ,bisa fatal. 

2. Jaga Kesehatan Jasmani

Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Ini adalah salah satu usaha yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan mental kita. Rajinlah berolahraga agar tubuh ini sehat dan memiliki imunitas yang baik . Sehinga raga ini mampu menjalan aktivitas dengan baik dan fokus. Sebaliknya jika kita jarang berolahraga sudah jelas  efeknya sangat tidak baik.  Badan jadi lemah karena imun kita yang tidak kuat, sehingga membuat tidak fokus dan apapun yang kita lakukan pastinya akan berantakan. Pilih mana?silahkan jawab dalam hati.

3. Bijak memilih lingkungan 

Lingkungan merupakan salah satu  faktor yang bisa mempengaruhi kesehatan mental kita.Terutama lingkungan keluarga, jaga keharmonisan diantara keluarga. Selain itu juga lingkungan sosial  (hubungan kita dengan orang lain selain keluarga ) bisa teman, partner bisnis. lingkungn yang tidak baik atau istilah happening nya (Toxic Environment ) bisa berdampak negative juga terhadap diri kita. Kita butuh circle lingkungan yang sehat ,jika dirasa ada yg tidak beres sebaiknya tinggalkan saja. 

Ini opini ya lentiku, kalau ada pendapat lain boleh dong tambahin di kolom komentar 

25 komentar:

  1. Aku taunya Oktober biasanya ramai sama breast cancer day hahha, aku biasa ikut event itu soalnya.

    Ternyata ada yg ga kalah menarik untuk diperingati juga ya, menjaga kesehatan mental emang penting bgt, terutama buat new mom kaya aku *eh.

    Apalagi lagi musim pandemi ini, ekonomi sulit, byk yg kehilangan kerjaan, pasti lebih susah buat jaga kesehatan mental.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini issue naek lagi akibat pamdemic yng luarbiasa memberikan dampak yg masiv ka,,

      Hapus
  2. Saya setuju banget mbak... kalau lingkungan udah nggak beres dan bikin nggak nyaman langsung ditinggalin aja. daripada bikin stres :D

    BalasHapus
  3. Love your self. Pangkal utama sehat mental. Tentunya harus didukung dari lingkungan dan orang terdekat. Nice info. Menguatkan hati di masa pandemi ini.

    BalasHapus
  4. Mencintai diri sendiri memang kunci untuk masalah mental seperti ini. Media sosial menurutku juga berperan penting dalam mental health karena sekarang sangat bermacam" isi media sosial yang kadang membuat kita lupa cara menerima dan mencintai diri sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju , medsos juga kadang jdi slah satu faktor yg menyebabkn mental health bsrubah

      Hapus
  5. Issue yang menarik untuk dibahas. Dan tentang love yourself, aku setuju banget 😊

    BalasHapus
  6. Setuju banget untuk aware pada diri kita sendiri , love yourself itu adalah langkah pertama yang harus dilakukan agar kita bisa menjaga kesehatan mental kita.

    BalasHapus
  7. Yang masih jarang dilakukan adalah ngecek kesehatan mental ke psikolog atau psikiater, karena hanya Profesional yang bisa mendiagnosa seseorang sakit atau sehat mental :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul ka ,karena memng kaadang kita engga tahu ,mesti kemana dan lesiapa, ya ka

      Hapus
  8. Mental health itu penting banget.. Aku sempat stress uga dengan kondisi lingkungan saat ini. KArena pengaruh ke kesehatan mental lalu imbas juga ke anak-anak.

    BalasHapus
  9. mental health itu penting tapi di indo masih byk yang menyepelekan

    BalasHapus
  10. Love yourself first, setuju banget ini. Kadang insecure dan tidak mencintai diri sendiri yang justru memicu anxiety dan mengganggu kesehatan mental. Semoga kita semua sehat terus😊

    BalasHapus
  11. Mental health emang penting banget deh, yg paling utama sih mencintai diri sendiri ya. Apalagi lg pandemi gini segala lg pada susah & pada stres mikirin nya

    BalasHapus
  12. Memilih lingkungan itu masih jadi hal yang sulit buat dilakukan, kadang awalnya menurut kita baik, tapi ternyata lingkungan itu justru jadi toxic.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyh ka, kita harus peka kalau dirasa udh g baik ,udah ah aku mah mending pegi aja

      Hapus
  13. Baru tahu kalau tanggal 10 kemaren hari peringatan world mental health day dan baru tahu juga akan perihal ini. Mantap nih informasinya jadi nambah pengetahuan.

    BalasHapus
  14. Iyh tgl 10 oktober peringatan , emng jarang , cuma ahir2 ini jadi issue

    BalasHapus
  15. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*co
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus

Seru Juga Ya Ngurus Tanaman Di Rumah

 Apapun berguru dari pengalaman pasti bisa. Ini  mah ku mau cerita soal  temen-temen baru yang ada dirumah  aku. Apa sih  ? tanaman yaaa guy...